Info Kapal

Ridwan Garcia blog

Buku harian kapal

Sebagai seorang pelaut, jangan melalaikan log book/daily log sheet ini harus di isi dengan baik dan cermat, karena jika terjadi sesuatu di kemudian hari ini yg akan menolong para pelaut. sekedar panduan apa yg di maksud buku harian kapal adalah sbg berikut
Dalam KUHD pasal 348 Nahkoda harus mengusahakan penyelenggaraan buku Harian Kapal . Nahkoda dapat mengerjakan sendiri atau menugaskan seorang awak kapal (Mualim I) tapi tetap dalam pengawasan Nahkoda tentang pengisian dengan benar, lengkap dan berdasarkan peraturan-peraturan.
Nahkoda
Buku Harian merupakan Dokumen yang penting sekali berisi penjabaran perjalanan yang dapat dipercaya dengan catatan yang dipertimbangkan secara seksama dan disusun secara teliti, setiap kejadian dicatat.
kapal yang tidak menyelenggarakan Buku Harian kapal/tidak mempertunjukan buku itu dikenakan sanksi denda sesuai KUHP pasal 562. (Pelanggaran Pelayaran)
Buku ini berfungsi sebagai bahan pembuktian dan merupakan Sumber data bagi Hakim jika terjadi sengketa.
Bagi Pemrintah Buku Harian kapal digunakan untuk alat pengawasan terhadap kapal, nahkoda dan para pelayar.
Walaupun tidak dilarang secara khusus oleh UU : Penyobekan halaman, penambahan halaman, pengosongan halaman, perobahan, penambahan, pencoretan pencatatan tambahan, tidak terbaca isinya, semuanya dapat mengurangi kekuatan pembuktian Buku Harian Kapal.
Kapal yang berukuran isi kotor 500 m3 atau lebih harus menyelenggarakan Buku Harian Kapal dan Buku Harian Mesin, sedangkan kapal yang dilengkapi Radio Telegraphy/Telephony dengan Buku Harian Radio.
Yang harus dicatat dalam Buku Harian Kapal :
– saat buka/tutup pintu kedap air, tingkap-tingkap dan lain-lain.
– Latihan sekoci/kebakaran dan alasan tidak dilakukan latihan.
– Keadaan sumber tenaga darurat.
– Alasan mengapa tidak menolong setelah terima isyarat darurat.
– Sarat kapal saat ditolak.
– Nama nahkoda, perwira dan setiap mutasi yang terjadi.
Di bagian muka Buku Harian Kapal terdapat penunjuk halaman yang memberi keterangan :
– kelahiran dan kematian di kapal
– Mutasi antar awak kapal
– Kecelakaan/kerusakaan yang dialami
– Pengeringan, perbaikan
– Latihan-latihan berkala
– Pembukaan/penutupan pintu kedap air, tingkap.
– Pemuatan muatan berbahaya
– Catatan jumlah pekerja muatan.
Khusus waktu kapal mengalami keadaan luar biasa seperti cuaca buruk, pengisian buku harian kapal harus seteliti mungkin karena akan diperlukan sebagai bahan pembuktian. Jika pihak Asuransi dituntut ganti rugi pihak Kapal (tertanggung) harus dapat membuktikan kerusakan akibat peristiwa laut, bukan karena ketidak naik lautnya kapal tersebut.
Memperlihatkan Buku Harian Kapal
Nahkoda wajb menyerahkan buku harian kapal pada Syahbandar atau Konsul, sedikitnya 6 bulan terakhir. Dirjen Perhub laut menentukan saat-sat mana dan kepada siapa Buku Harian diserahkan :
- Sekurang-kurangnya 1 kali tiap bulan takwin, jika tidak dapat dipenuhi, di tempat pertama yang disinggahi.
- Jika selama 2 bulan takwin berturut-turut dengan alasan yang sah tidak punya kesempatan menyerahkan ditempat pertama.
Tiap pemeriksaan yang dilakukan oleh Syahbandar harus memberikan Eksibitum (pencatatan dengan nomor dan tanggal dokumen) dalam Buku Harian Kapal.
About these ads

September 8, 2009 - Posted by | arsip lama, RESPONSIBLITY |

8 Komentar »

  1. Salam kenal Bapak…. Terimakasih telah mau berbagi informasi kepada seluruh pelaut. mohon kjepada rekan-rekan yang lain menambahkan betapa pentingnya penyelenggaraan Buku Harian Kapal secara tertib dan benar, serta ketentuan regional,internasional dan perundangan yang mewajibkan (wajib berarti harus) bagi yang tidak melakukannya dikenakan sanksi. antara lain UU No. 17 2008 tentang Pelayaran, KUHD, PP Perkapalan,Permen dan Kepmen, ILO convention, SOLAS, dll agar para pelaut kita semakin mengertiakan tugas dan tanggung jawabnya di atas kapal. tks Bapak.

    Komentar oleh BAITHUR SJARIF | September 1, 2014 | Balas

  2. Salam kenal bang
    Saya febri mw tanya masalah peraturan mlc tentang penulisan kecakapan pelaut di buku pelaut, kan sdh tidak boleh seorang Capt. Menulis comment di buku pelaut klw capt. Tesebut melanggar dan menulis comment tentang kecakapan saya d buku pelaut saya apa sanksinya yah bang? Mohon bantuannya yah bang

    Komentar oleh febrian | Mei 13, 2014 | Balas

  3. […] di copy dari Original Source: infokapal […]

    Ping balik oleh Log Book : Buku Harian Kapal | AHLIASURANSI.com | Oktober 22, 2013 | Balas

  4. terima kasih infonya bro…

    Komentar oleh ridwan borneo | Maret 24, 2012 | Balas

  5. salam kenal mas,
    ijin copy artikelnya, mudah2n bermanfaat utk saya dan anak didik….terimakasih banyak
    Harjo Santoso

    Komentar oleh Nyalik | November 23, 2011 | Balas

  6. Salam kenal Abang.

    Saya Pelaut Muda Abang, umur aja baru 22

    biar pun bermodal pernah jadi A/B gak lama end sekarang saya tak melaut lagi, tapi saya bangga telah pernah menjadi Pelaut, end rasa ingin tahu saya tentang dunia kepalautan masih sangat besar.
    Saya bangga dengan Abang, buat pelaut Indonesia kita kaya akan informasi.

    Sukses Abang, , , ,
    Salam Kenal dari Saya.

    Komentar oleh ammar29 | Desember 11, 2009 | Balas

    • Salam kenal juga buat anda/salam pelaut

      Komentar oleh ridwangarcia | Desember 15, 2010 | Balas

  7. Selamat dan sukses atas lahirnya Blog baru dari Pelaut.. Semoga kedepannya makin banyak Pelaut yang menguasai dunia Cyber..

    Salam
    Pelaut

    Komentar oleh petir | September 8, 2009 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 67 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: