Info Kapal

Ridwan Garcia blog

Pandu kapal/marine pilot

Hari ini aku mau nulis tentang marine pilot?

marine pilot is a mariner who guides ships through dangerous or congested waters, such as harbours or river mouths. However, the pilot is only an advisor, as the master remains in legal, overriding command of the vessel.

sebagai nakhoda di atas kapal kita akan berhubungan terus menerus dgn pilot karena kita membutuhkan jasa mereka di saat kita memasuki atau meninggalkan sebuah pelabuhan. pilot atau istilah indonesianya adalah pandu. tugas dari pandu adalah membawa kapal masuk dan keluar dari pelabuhan dengan aman. karena pandu kapal mempunyai pengetahuan lebih dari nakhoda pakal tsb. dia memahami betul daera setempat yg di layari agar kapal terhindar dari bahaya navigasi.

tetapi tidak semua daerah yg bisa di singgahi kapal harus wajib pandu/pilot ada istilah dalam pelayaran yg pertama daerah yg compulsary  yaitu suatu daerah dimana di wajibkan untuk memgunahkan jasa pandu (daerah tsb ada aturan setempat atau daerah ranjau) dan voinutary  yaitu suatu daerah dimana tidak diwajibkan untuk menggunahkan jasa pandu/pilot sesuai aturan setempat/dapat memakai apabilah nakhoda tidak berpengalaman pada daerah tersebut.

pandu di indonesia ada beberapa sebutan.

1. pandu bandar. tugas di dalam pelabuhan besar / kecil yg nuntun dan menyandarkan kapal di dalam pelabuhan (biasa senior pilot yg mempunyai pengalaman yg cukup)

2. Pandu luar. tugasnya di daerah yg biasa mempunyai sungai yg panjang dan membutuhkan waktu tempu dalam pelayaran untuk sampai ke tempat pelabuhan utama membutuhkan waktu yg cukup lama. setelah sampai di tempat pilot point maka tugasnya akan di ambil oleh pandu bandar ( biasa masi junior pilot dan kurang pengalaman)

3. pandu Alam. tugasnya hanya memberikan nasehat ke pada nakhoda di mana terdapat bahaya bahaya navigasi ( semua komando di bawa nakhoda) pandu alam ini biasanya seorang penduduk setempat yg paham akan keadaan daerah setempat.

hubungan antara pilot dan captain kapal harus di jaga dgn baik agar tercipta hubungan kerja yg baik. di dalam bridge management ada Asas yg mesti kita perhatikan jika ada seorang pandu di atas kapal sbg:

  • 1. Keberadaan pandu tidak mengabil alih tugas dan tanggung jawab nakhoda
  • 2. pandu dan nakhoda harus saling bertukar informasi dan bekerja sama
  • 3. Harus di beritahukan kepada pandu letak alat alat keselamatan yg di perlukan untuk di gunahkan
  • 4. jika ada keragu raguan mengenai tindakan pandu Nakhoda meminta penjelasan kepada pandu
  • 5. Gerakan kapal dan perinta pandu harus di pantau dgn baik oleh nakhoda.

sesuai point di atas sbg nakhoda kita berhak mengintervensi tindakan pandu jika kita menganggap ada keragu raguan yg bisa membahayakan keselamatan pelayaran kapal kita. atau dgn kata lain mengambil alih komando saat itu.

di bawah ini aku hanya adalah video yg menggambarkan hubungan anatara ship captain & marine pilot di atas kapal. Thanks/semoga bermanfaat

About these ads

Mei 12, 2011 - Posted by | NAVIGASI

6 Komentar »

  1. Melihat article di atas sudah benar,namun ada yg perlu dirumah adalah pandu luar di ganti pandu laut.

    Komentar oleh Andri sintyadi | November 5, 2013 | Balas

  2. mohon maaf boleh tau penjelasan diatas bisa sebutkan kutipan dasar hukumnya dari mana..karena sy masih penelitian tentang ini…trims…tolong kirim info ke email saya yahyaut2@gmail.com…trims gan

    Komentar oleh yahya | Januari 31, 2013 | Balas

    • referensi, untuk keterangan di atas bisa di cari di publiction navigation, tentang daera daera wajib pandu. mengenai tanggung jawab nakhoda bisa di lihat dari kitab undang undang perkapalan. dan kitab hukum dagang. dan beberapa referensi bisa di lihat pada panduan STCW terhadap keselamatan. dan tentang hubungan antara nakoda dan pilot bisa di cari pada teori buku buku tentang bridge management system. thanks. kalau anda binggung bertanyalah sama orang orang di perhubungan laut yg mempunyai jurusan di bidang nautika..

      Komentar oleh Ridwan Garcia | Februari 1, 2013 | Balas

      • Mohon maaf sebelumnya ya mas , sahabatku yang masih berlayar , dengan senang hati saya baca blog ini enak nambah wawasan.
        jika pingin tahu tentang aturan main tentang kenavigasian dll dapat diunduh dari PP No. 80 th 2000 disini bisa tampak semua tentang pemanduan , navigasi dll. silahkan. trims. Selamat berlayar.

        Komentar oleh Bhaskoro | Desember 26, 2013 | Balas

  3. Mas kalau rambu-rambu pelayaran di Indonesia dan di Luar negri kita gimana dan apa bedanya?

    Komentar oleh Adinepson | Desember 12, 2011 | Balas

    • coba anda banca posting saya tentang iala bouy system, perbedaannya dari region A dan B untuk lebih jelasnya kunjungi situs itu thanks

      Komentar oleh Ridwan Garcia | Februari 1, 2013 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 67 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: