Info Kapal

Ridwan Garcia blog

TERUSAN SUEZ

Mempersingat jarak pelayaran, salah satunya kita memperpendek jarak atau kita melintas alur lewat channal/terusan. para pelaut yg akan keeropa dari asia atau sebaliknya akan melalui terusan suez/suez channal. kalau kita sebut itu adalah terusan malboro..habis gimana tidak 1 ball atau 2 ball rokok jika masuk sana bisa habis sama pandu. dan lagi kalau mau belanja jgn pakai uang lebih yg pas pas saja tukang jualan di sana rada susa sekali ngembalikan kembaliannya aku nulis kebetulan dekat sama tempat kerjaku jadi ada ide buat yg satu ini. sebagai gambaran saja tentang terusan
suez kalau di lihat dari latar belakangnya sbg berikut:

Terusan kapal atau umumnya disebut dengan terusan saja adalah kanal yang digunakan untuk mempercepat pelayaran kapal. Kanal itu sendiri merupakan saluran air buatan. Kanal terdiri dari dua macam, yaitu kanal yang hanya digunakan untuk mengarahkan dan mengalirkan air saja dan satunya adalah kanal yang merupakan jalur transportasi yang dapat dinavigasi, digunakan untuk angkutan barang dan orang, seringkali terhubung dengan sungai, laut dan danau. Tanpa melewati terusan, kapal harus berlayar mengelilingi daratan yang jauh jaraknya. Terusan dapat berupa sungai yang dimodifikasi atau kanal khusus yang dibangun dari awal untuk keperluan tersebut.

Syarat suatu kanal untuk dapat dipakai sebagai terusan adalah kanal tersebut harus memiliki kedalaman minimal 5 m (16,4 kaki. Tujuan dari terusan adalah:
1. Sebagai jalan singkat dan menghindari rute pelayaran yang lebih jauh.
2. Sebagai jalan antara dua buah laut atau danau yang tertutup oleh daratan.
3. Sebagai sarana akses ke lautan bagi kota yang berada jauh di daratan.

banyak pelaut kenal hanya 2 saja yaitu terusan suez panjang 100 mil (160 km), dibuka pada 1869, menghubungkan Laut Tengah ke Laut Merah. dan terusan panama panjang 51 mil (82 km), dibuka pada 1914, menghubungkan Laut Karibia dengan Samudra Pasifik.

karena memang lalulintasnya sangat padat dan sangat di butuhkan buat kapal kapal yg ingin melitas. terusan semacam ini sebenarnya banyak ada:

a.Terusan Laut Putih-Baltik di Rusia, panjang 141 mil (227 km), dibuka pada 1933, sebagian merupakan sungai yang dikonstruksi, kanal buatan dan danau.
b.Terusan Volga-Don di Rusia, panjang 62 mil (100 km), dibuka pada 1952, menghubungkan Laut Hitam, Laut Azov dan Laut Kaspia.
c.Terusan Kiel di Jerman, panjang 60 mil (98 km), dibuka pada 1895, menghubungkan Laut Utara dan Laut Baltik.
d.Terusan Houston di Amerika Serikat, panjang 56 mil (91 km), menghubungkan Houston, Texas dengan Teluk Meksiko.
f.Terusan Alphonse XIII di Spanyol, panjang 53 mil (85 km), dibuka pada 1926, menghubungkan Sevilla dan Teluk Cadiz.
g. Terusan Manchester di Inggris, panjang 35 mil (57 km), dibuka pada 1894, menghubungkan Manchester dengan Laut Irlandia.
h. Terusan Welland di Kanada, panjang 28 mil (45 km), dibuka pada 1931, menghubungkan Laut Erie dengan Danau Ontario.
i.Terusan Saint Lawrence di Kanada dan Amerika Serikat, menghubungkan Montreal dengan Danau Superior.

Sekarang kita kembali ke suez channal/Terusan Suez (bahasa Arab, Qanā al-Suways), di sebelah barat Semenanjung Sinai, merupakan terusan kapal sepanjang 163 km yang terletak di Mesir, menghubungkan Pelabuhan Said (Būr Sa’īd) di Laut Tengah dengan Suez (al-Suways) di Laut Merah.

Terusan Suez dibuka tahun 1870 dan dibangun atas prakarsa insinyur Prancis yang bernama Ferdinand Vicomte de Lesseps.Terusan ini mengizinkan transportasi air dari Eropa ke Asia tanpa mengelilingi Afrika. Sebelum adanya kanal ini, beberapa transportasi dilakukan dengan cara mengosongkan kapal dan membawa barang-barangnya lewat darat antara Laut Tengah dan Laut Merah.
Terusan ini terdiri dari dua bagian, utara dan selatan Danau Great Bitter, menghubungkan Laut Tengah ke Teluk Suez

Coba di kira berapa besar biaya yg akan di keluarkan sebuah kapal jika harus melintasi sepanjang perairan africa. dari segi bahan bakar, running hour dan route pelayaran yg panjang. semua akan berdampak sama cost yg besar. dgn adanya terusan ini akan menguntungkan semua pihak. terutama di pihak perusahaan pelayaran akan bayak diutungkan/save money. walaupun kita nanti ada delay waktu satu atau dua hari berlabuh sebelum masuk ke channal tapi tak akan merugikan terlalu banyak. lagi pula jalan convoy bareng dgn kapal kapal lain juga asik dan menyenangkan.

September 10, 2009 - Posted by | Channel | ,

4 Komentar »

  1. wah pengalaman bapak kita ini lura biasa, terlebih lagi mau berbagi sebagai amal kepada para pemula… terimakasih bapak…. salam hormat kami BON VOYAGE

    Komentar oleh BAITHUR SJARIF | Desember 23, 2014 | Balas

  2. thansk pak atas pemberitahuan pembelajarannya di blog bapak sangat2 bermanffat bagi saya ….
    thankss… salam pelaut Indonesia

    Komentar oleh wahyu sulaiman bode al hamid | November 1, 2013 | Balas

  3. for safe navigation channel while passing Suez emphatically
    no visitor.
    if you allow them to be Onboard your boat super market, Barbershop also coming up.

    for Indonesia flags vessel often time the end of the queue when passing Suez channel.
    that why??

    Komentar oleh henk newman | September 15, 2009 | Balas

    • Terima kasih bro… di mana posisi sekarang komandan

      Komentar oleh ridwangarcia | Desember 15, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: