Info Kapal

Ridwan Garcia blog

PEMADATAN ( STOWAGE )

Sebelum muatan dimuat maka :

  • Ruang muat harus dipersiapkan untuk menerima muatan.
  • Pengetesan, pengecekan ruang muat serta alat-alat muat bongkar muat dan perlengkapan lainnya yang berurutan dengan muat bongkar.

Persiapan ruang muat sangat bergantung dari jenis muatan yang mau dimuat, sifat muatan tersebut serta keadaan palka (bentuk, letak, ada tidaknya tiang-tiang (dsb) .

Persiapan ruang muat meliputi hal-hal :

  • Pembersihan ruang muat
  • Pemeriksaan, pengetesan (checking) ruang muat.

Pembersihan ruang muat :

  • Mengeluarkan sisa-sisa/bekas-bekas muatan yang terdahulu, demikian pula sisa-sisa/bekas-bekas terapan-terapan.
  • Menyapu (sweeping) ruang tersebut sampai bersih. Kalau perlu pakailah serbuk gergaji agar sisa-sisa muatan yang terdahulu yang melekat di atas palka, dinding-dinding bisa tersapu semuanya.
  • Terapan-terapan yang masih baik dikumpulkan disatu tempat, dan sisa-sisa kotoran dikumpulkan di atas dek. Kalau ada tongkang kotoran, dibuang ke tongkang.
  • Setelah selesai di sapu bersih, lalu dibersihkan dengan air tawar agar debu-debu sapuan turun. Dalam membersihkan ini jangan lupa sisa kotoran yang mungkin masuk ke dalam got palka agar ikut dibersihkan. Air cucian ini dihisap keluar memakai pompa got. Perhatikan saringan got jangan sampai tersumbat. Kalau perlu saringan got diangkat keluar untuk dibersihkan, dimeni lalu dicat kembali.
  • Setelah dibersihkan dengan air tawar, jalankan ventilasi palka agar palka tersebut cepat kering.
  • Andai kata ruangan tersebut berbau, maka air pencuci diberi sedikit bahan kimia untuk menghilangkan bau tersebut.
  • Jika dianggap palka tersebut masih ada hama tikus atau hama-hama lainnya, sebaiknya diadakan pembasmian hama tikus atau fumigation.
  • Kalau perlu palka tersebut dicat kembali agar kutu-kutu, lipas dll mati
  • Khusus untuk ruangan dingin: dibersihkan, geladaknya digosok, dosemprot dan dirawat dengan kapur putih. Untuk menghilangkan bau-baunya disemprot dengan air yang dicampur dengan bahan kimia. Kalau perlu pembersihannya di bawah petunjuk seorang surveyor.

Pengecekan ruang muat :

Pemeriksaan dilakukan oleh Mualim I atau kalau perlu dengan seorang surveyor.  Hal-hal yang harus diperhatikan antara lain:

  • Kebersihan ruang muat secara keseluruhan. Bukan saja bersih, tetapi juga harus kering.
  • Dunnage tetap harus dalam keadaan baik, jumlahnya harus cukup. Yang rusak diperbaiki atau diganti baru.
  • Drainage system (pembuangan/got-got) harus bersih. Saringan dalam keadaan baik dan tidak tersumbat oleh kotoran atau karat. Di-test dengan memasukkan air ke dalam got, lalu dipompa. Bila tidak memakai air cukup dengan menadah telapak tangan di bawah lobang hisap. Bila telapak tangan kesedot, berarti baik.
  • Penerangan palka di-chek, apakah jumlahnya cukup atau tidak. Bila ada yang padam atau rusak, agar segera dibetulkan/diganti.
  • Tangga di dalam palka terutama trap-trap dan pemegangnya diperiksa demi keselamatan ABK dan buruh.
  • Alat penemu uap panas yang ujung-ujungnya berada di dalam palka. Di-test dengan membakar majun di dalam palka. Setelah alat smoke detector dianjungan di “on” kan dianjungan akan kelihatan asap dari alat tersebut, berarti baik. Demikian pula pipa-pipa CO2 yang menuju ruang palka harus ditest kerjanya, apakah ada pipa-pipa yang bocor/tidak. Bila ada yang bocor segera dibetulkan.
  • Man holes (lobang lalu orang ke/dari tangki) di cek apakah dalam keadaan baik terutama baut-baut dan packingnya.
  • Lobang ventilasi/peranginan di-check apakah tidak tersumbat oleh kotoran-kotoran. Jalankan ventilasi palka untuk mengetahui apakah salurannya tersumbat atau lancar.
  • Tutup palka (hatch cover) apakah masih kedap air atau tidak. Cara pengetesannya ialah dengan cara menyemprot air dengan tekanan tinggi di atas tutup palka, lalu dilihat dari dalam.
  • Baik pemeriksaan maupun checking palka dijurnalkan. Seperti kita ketahui bahwa menurut UU, Tugas dan Kewajiban si-pembawa barang (Carrier) ialah:

–       membuat kapal layak laut, artinya kapal harus diawaki cukup, diberi perlengkapan yang cukup serta makanan yang cukup.

–       menyusun muatan dengan baik.

–       memuat ruang muat yang cocok dan aman untuk dimuati.

bertanggungjawab atas keutuhan serta keamanan barang sejak dimuat sampai saat pembongkaran. Sehubungan dengan tugas dan kewajiban

–       tersebut di atas, maka seyogyanya memuat itu harus baik. Ini mengandung pengertian:

–       harus memenuhi persyaratan prinsip-prinsip pemuatan. Harus memenuhi persyaratan penggolongan muatan menurut sifat dan jenisnya, sehingga dapat dipastikan apakah jenis barang yang dimuat itu bisa dimuat di palka yang sama atau dipisahkan.

–       memenuhi persyaratan keseimbangan kapal.

–       pemisahan muatan yang berat dan ringan sesuai faktor pemuatan (Stowage Factor).

–       pengambilan tindakan keamanan terhadap barang sejak barang tersebut dikapalkan (dunnage, securing & lashing, ventilation) dll.

–       hal-hal lain seperti yang tercakup di dalam komplikasi muatan.

–       kelayakan laut kapal, sarat, GM positip dan baik, dll.

Pada waktu pemuatan :

  • Pada waktu pemuatan serta peralatan muat bongkar lainnya harus dalam keadaan baik, serta siap dan dalam kedudukan yang semestinya.
  • Berat barang yang diangkat tidak melebihi SWL dp. peralatan tersebut.
  • Buruh-buruh, winch controller dan tenderman harus benar-benar mengerti akan fungsinya.
  • Taatilah petunjuk yang tertera pada muatan itu sendiri seperti :

–       “sling here”                              :  pasang sling disini

–       “this side up”                           :  sisi ini ke atas (jangan dibalik)

–       “use no hook”                         :  jangan pakai ganco

–       “handle with care”                  :  hati-hati, pelan-pelan.

  • Bila terjadi kerusakan muatan sebelum muatan tersebut dikapalkan, sebaiknya ditolak. Kalau toh diterima, mualim I harus membuatkan “Cargo Exeption” yaitu sebuah berita acara yang menyatakan bahwa barang tersebut diterima di kapal sudah dalam keadaan rusak. Kekurangan atau kehilangan isi, di luar tanggungjawab pihak kapal. Di dalam cargo exeption disebutkan :

–       jumlah peti yang rusak

–       merek barang

–       keadaan bungkus dan isinya

–       kehilangan/kekurangan isinya di luar tanggungjawab kapal.

–       Ditandatangani oleh Mualim I dan stevedore.

Muatan yang rusak tersebut sebelum dimuat di dalam palka diperiksa terlebih dahulu, lalu kerusakan bungkusnya dibetulkan baru dipadatkan. Pemeriksaan juga disaksikan oleh stevedore. Sesuai dengan tugas dan tanggungjawab pihak karier, maka selama dalam perjalanan pun muatan-muatan yang dikapal masih menjadi tanggungjawab Nakhoda. Oleh karena itu selama dalam perjalanan dijaga agar muatan tetap baik dan tidak rusak. Pengawasan disesuaikan dengan sifat muatan itu sendiri. Ada sebagian muatan memerlukan perhatian khsus, ada yang memakai ventilasi, ada yang tidak. Bila terjadi kerusakan muatan setelah muatan itu dikapal

maka nackhoda dapat membuat “Cargo Damage Report” yaitu berita acara kerusakan muatan kapal. Di dalam cargo damage report disebutkan :

–       barang-barang yang rusak

–       sebab kerusakan

–       tindakan preventip yang telah diambil.

Kalau kerusakan muatan itu disebabkan karena suatu keadaan di luar batas kemampuan kapal, Nakhoda dapat membuat “Note Of Sea Protest ”.

 

Desember 15, 2010 - Posted by | ship handling |

2 Komentar »

  1. As. wr. wb terimakasih banyak pak, saya salah satu staf Ditjen Hubla yg sedang mengikuti TOT di Bremenport, germany, tulisan bpk sgt membantu sy dan tolong ditambahkan pak dengan tulisan mengenai aturan-2 internasional dan nasional serta cara penanganan ‘Dangerous Goods’ mulai dari packing+ penandaan , cara penumpukkan di yard maupun cara pengaturan di kapal, terus sampai di pelabuhan tujuan penanganannya bgmn pak ? tks pak ws. wr. wb (harap maklum pak background sy bkn pelaut dan tugasnya belum berhubungan dg ops port and ship, tapi sy sgt ingin tahu)

    Komentar oleh Mohammad Ichsan | Juli 6, 2012 | Balas

  2. salam kenal mas, kebetulan saya sedang belajar Sistem manajemen di bidang pelayaran. Tulisan2 di blog ini berharga bagi saya. saya asst. consultant di bidang ISO management yang sedang menangani perusahaan pelayaran,

    Thanks,

    Komentar oleh iyusmaknyus | Oktober 4, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: