Info Kapal

Ridwan Garcia blog

Tali menali

Kalau ingat pelajaran tali menali aku jadi ingat pak abdullah ace. di pangilnya pak boss atau mungkin pendekan dari bosun kali ya. tapi ini orang tua walau sudah umur 100 tahun lebih masi kuat aku masi jumpa dia 12 tahun yg lalu.. semoga beliau sehat walafiat. kembali ke pokok bahasan tentang tali menali muda mudahan bermanfaat buat rekan rekan

Pada awalnya tali dikenal orang adalah tali-tali yang terbuat dariserat tumbuh-tumbuhan (nabati) dan dari bahan hewani. Akan tetapidengan kemajuan teknologi maka diketemukan tali-tali jenis lainmisalnya tali kawat (mineral), tali sintetis (serat tiruan) dan lain-lain.Kehadiran tali-tali ini mendesak tali-tali jenis serat tumbuh-tumbuhandan hewani, dikarenakan banyak kelebihan yang dimiliki tali jenis iniantara lain lebih kuat dan dapat dipercaya. Diatas kapal tali banyakdigunakan untuk berbagai macam keperluan, dari mulai tali yangterkecil sampai yang terbesar misalnya untuk keperluan jahitmenjahit terpal, tenda, karung, tali perum, tali topdal, tali pengikattenda, tali bendera, tali lashing, sling/net, tali penganyut, tali takal(tali ulang), laberang, dan lain-lain. Jenis dan ukurannyapunberbeda-beda sesuai dengan kegunaannya.

macam dan jenis tali menali lihat di slideshow gambar di bawah.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Identifikasi Jenis , Bahan, Sifat dan Fungsi TaliJenis-jenis tali yang dipergunakan diatas kapal menurut bahandasarnya terdiri dari :

  • Tali HewaniBahan dasar tali jenis ini terbuat/diambil dari bagian-bagian daribinatang misalnya : otot, kulit, bulu dan lain-lainnya. Akan tetapipada saat ini penggunaannya sudah sangat terbatas bahkansudah langka.
  • Tali NabatiBahan dasar dari tali jenis ini diambil dari serat tumbuh-tumbuhan,baik dari daun maupun dari b/pelepah/kulit. Ada beberapa macamtali nabati yang banyak digunakan maupun diperdagangkanantara lain :
  • Tali ManilaBahan dari serat tumbuhan pisang liar (Abaca) yang banyaktumbuh di Philipina dan Sumatera. Warna seratnya kuningmuda berkilauan. Sifatnya tahan basah, licin, lemas danringan, tidak mudah menyerap air. Penggunaannya diataskapal dari tali-tali yang berukuran besar hingga terkecilmisalnya tali kepil (tros), Tali Takal, lopor sekoci, tali tenda dan sebagainya.
  • Tali SisalTali jenis ini terbuat dari serat pojon sisal (Agave) yang banyakterdapat di Afrika Timur, Mexico dan Indonesia. Warnaseratnya kuning kecoklat-coklatan dan kasar. Sifatnyamenyerap air, tidak tahan cuaca atau keadaan lembab dankaku. Digunakan terbatas pada tali-tali kecil saja misalnya talibuangan, tali anak, tali marlin.
  • Tali HennepTerbuat dari jenis pohon rami (nenas) yang banyak tumbuh diIndia, Italia, Balkan dan Zelandia Baru, seratnya berwarnaputih kelabu (perak) dan halus. Tali jenis ini mudah menyerapair dan mudah lapuk. Tidak banyak digunakan diatas kapal.
  • Tali CocosTerbuat dari serat/serabut buah kelapa yang berwarna coklatkemerah-merahan, tahan air, ringan (terapung) dan dayarenggangnya besar. Penggunaannya terbatas sebagaidampral/ganjal.
  • Tali KatunTerbuat dari serat bunga yang berwarna putih mudah kotor,seratnya halus mudah menyerap air, lemas dan kuat.Digunakan untuk tali topdal, perum, dan tali bendera.
  • Tali JuteTerbuat dari serat jute yang banyak tumbuh di India, berwarnacoklat muda, banyak menyerap air, mudah lapuk dan tidakbegitu kuat. Digunakan sebagai bahan pembuat karung (goni)dan tali pakal.
  • Tali MineralTali jenis ini bahan dasarnya terbuat dari benang/kabel kawat.Ada beberapa jenis mineral yang digunakan sebagai bahanpembuatan kabel kawat tersebut misalnya : besi, kuningan,tembaga. Yang banyak digunakan diatas kapal tali kawat dan talikawat baja. Kelemahan dari tali kawat ini ialah mudah tertombol (kink) dan sukar dikembalikan/diluruskan. Daya renggangnya(elastisitas) kecil sehingga mudah putus apabila mendapatsentakan-sentakan dan sangat licin. Pelayanannya agak sulit,akan tetapi lebih tahan lama dan kekuatannya dapat dipercaya.
  • Tali SintetisBahan dasarnya serat sintetis (tiruan). Warnanya dapatbermacam-macam sesuai yang diinginkan. Tahan terhadapair/udara lembab, ringan, kuat dan tidak mudah terbakar dan dayarenggangnya besar. Digunakan untuk keperluan tali-tali besarmaupun yang kecil.Tidak mudah dihinggapi binatang-binatang atau tumbuhtumbuhan(jamur) sehingga tidak mudah lapuk dan perawatannyamudah, pelayanannya agak sedikit sulit , karena licin dan elastis.Untuk menyambung atau membuat mata tali (eye splice)diperlukan anyaman yang banyak dan dalam penggunaannyakalau putus sangat berbahaya. Macam-macam tali sintetis ialahtali nylon,tali daccron, tali polyppropyline dan tali polyetheline.
  • Ada beberapa jenis pintalan tali antara lain :Tali pintal kanan artinya arah pintalan tali searah jarum jam atau dapatditandai dengan huruf “ S “
  • Tali pintal kiri artinya arah pintalan tali berlawanan dengan arah jarumjam atau dapat ditandai dengan huruf “ Z “
  • Pintalan memanjang atau sama (Longlay) ialah arah pintalan benangmenjadi strand/kardil searah dengan arah pintalan kardil menjadi tali.Pintalan jenis ini hanya dapat dilakukan pada tali kawat. Sifatnya lemas,tetapi mudah terurai dan mengalami kerusakan pada bagian luar.Dikapal digunakan sebagai tali jalan (katrol), reep bongkar muat danlain-lain.
  • Pintalan Silang (Crosslay) ialah arah pintalan benang menjadi kardilberlawanan arah dengan arah pintalan kardil menjadi tali. Pintalan jenisini sifatnya kaku tetapi tidak mudah terurai. Untuk tali kawat inidigunakan sebagai tali tegak misalnya tali laberang
  • Tali Serat (Fibre rope)Bahan dasar tali jenis ini ialah serat/serabut baik itu dari tumbuhtumbuhan(nabati) ataupun serat tiruan/sintetis. Mula-mula seratseratdipintal menjadi benang (string), kemudian sejumlahbenang (string) dikumpulkan dan dipintal menjadi strand(kardil), selanjutnya 3 atau 4 kardil dipintal menjadi tali.
  • Arah pintalan dari serat untuk menjadi tali harus bergantian atauberlawanan (silang) agar tali tidak terurai. Sebagai contohsejumlah serat dikumpulkan dan dipintal kekanan/kekiri menjadibenang pintal kiri/kanan.Kemudian sejumlah benang pintal kiri/kanan dipintal kanan/kirimenjadi kardil/strand pintal kanan/kiri. Selanjutnya 3-4 kardil pintalkanan/kiri dipintal kiri/kanan menjadi tali pintal kiri/kanan
  • Tali Kawat Baja (wire rope)Sebagai bahan dasar tali jenis ini adalah benang/kabel baja.Benang-benangnya pejal dan jumlah benang untuk tiap-tiap kardilberkisar antara 19 – 61 benang. Tali kawat baja terdiri dari 6 kardildan ditengahnya teras (hati) sebagai pengisi rongga danmencegah gesekan diantara kardil kardilnya serta mencegahkerusakan bagian dalam.Teras dari kawat baja untuk tali-tali pintalan silang digunakandikapal sebagai tali-tali tegak (laberang) karena lebih kuat dankaku. Sedangkan
  • Teras dari serat yang bermutu rendah, jikadikehendaki tali kawat yang lebih lemas, sebagai tali jalan, padateras ini diberikan pelumas, sehingga dapat memberikanpelumasan bagian dalam kardil-kardilnya mencegah karat.
  • Tali kawat baja dapat dipintal dengan pintalan sama/memanjang(Longlay) maupun pintalan silang (Crosslay) sesuai dengankebutuhan. Jika dikehendaki tali kawat baja yang lemas sebagaitali jalan misalnya maka benangnya harus kecil (halus) dipintalmemanjang dan terasnya dari serat.

Desember 31, 2010 - Posted by | Tali menali |

4 Komentar »

  1. Terimakasih Infonya Pak..Salam

    Komentar oleh rubberfenderr | April 19, 2014 | Balas

  2. mohon ijin untuk mendownload link slide sow tentang tali temali bagaimana?

    Komentar oleh nala seasonly | Desember 21, 2013 | Balas

  3. Tmks sekali segudang ilmu maritim semoga menjadi amal yg tiada putus. Maaf mau tanya tentang radar khususnya fungsi tombol nort up , ship head up? Tmks

    Komentar oleh johan | Januari 17, 2013 | Balas

    • head up.. maksudnya kalau anda lihat tampilan di layar screen pada radar itu akan menunjukan arah garis di titik pusat radar sampai ke top mawar compas yg menunjukan arah haluan kapal kita yg tanpa di screen. tanpa adanya display azimut stabilization. jadi gambar yg tampak arah ke depan sessuai jalannya pelayaran tetapi heading di radar derajat compass bukan garis haluan di peta. dia hanya menunjukan arah relatif bearing compas. bisa saja heading markernya 000 sama dgn heading line.. tetapi nort markernya mungkin ada di sebelah kiri

      sdgkan pada north up arah heading line dan heading maker akan berubah jadi screen gambar yg ada akan mengikuti arah sejati di layar, dan gambar di radarakan mengikut arah sejati dari haluan yg ada layari. jadi gambar screen di display tidak akan lurus kedepan (seperti head up )tapi mengikuti arah haluan derajat di compass.

      Komentar oleh Ridwan Garcia | Januari 17, 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: