Info Kapal

Ridwan Garcia blog

Sextan-How to navigate by the sun

Pelaut pasti kenal sama sextan, karena wajib bagi perwira kapal tahu sama barang ini. sextan adalah Alat untuk mengukur sudut dalam bidang datar dan vertikal di kapaldinamakan Sextan dimana sudut diukur dengan cara mengepitkan duabuah benda yang ada di antara sudut yang akan diukur. Sextan menggunakan prinsip cahaya dan berdasarkan ketentuan bahwasudut yang terjadi antara arah pertama dan arah terakhir daripadasebuah cahaya yang telah dipantulkan, dua kali besarnya susut yangterjadi antara dua buah reflektor tadi, satu terhadap lain.

Macam-nacam SextanAda dua macam yaitu :

1. Sextan nonius

2. Sextan tromol (yang baru) dengan sekrup tombol (micrometer sextan) Perbedaan antara kedua macam sextan ini terletak pada bentuknya sekerup jepit dan sekerup halus alhidade.

Sextan Nonius Suatu skala kecil dipasang di alhidade dan koncentris denganlembidang busur bersama-sama dengan alhidade dapat digeser-geser sepanjang lembidang busur dan dipergunakan untuk pembacaan seteliti mungkin.

biasa di atas kapal kawan kawan pelaut mengunakan sextan untuk bernavigasi seperti mengambil waktu rembang matahari , noon position atau mencari azimut dari matahari. di bawah ini ada penjelasan bagaimana bernavigasi dgn matahari mengunakan sextan

Januari 16, 2011 - Posted by | NAVIGASI |

1 Komentar »

  1. terimakasi atas pelajaran yang diberikan walau masih perlu pejelasan.semoga bermanfaat buat saya dan teman-teman pelaut lainnya.sekali lagi terima kasih banyak

    Komentar oleh alif | Maret 15, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: