Info Kapal

Ridwan Garcia blog

Tema Hari Maritim Sedunia tahun 2013 “Sustainable Development: IMO’s contribution beyond Rio+20”

screenshot_titanic

Posted by Capt. Hadi Supriyono, MM, M.Mar

Sekretaris Jenderal IMO Mr. Koji Sekimizu pada tanggal  9 Januari 2013, telah mendeklarasikan tema Hari Maritim Sedunia tahun 2013 yaitu  “Sustainable Development: IMO’s contribution beyond Rio+20”, yang kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia kurang lebih: “Pembangunan yang berkelanjutan: kontribusi IMO melampaui Rio+20”. Tema tersebut adalah hasil keputusan pada sidang Dewan IMO sesi ke 109 tahun 2012 yang lalu. Deklarasi itu diumumkan pada resepsi yang diadakan setelah sesi akhir hari pertama sidang Sub Komite Fire Protection (FP) sesi ke-56

Apakah Rio+20 itu?
Rio+20 adalah nama singkat dari pertemuan tingkat tinggi negara-negara anggota Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Pembangunan berkelanjutan yang diselenggarakan di ibu kota Brasil, Rio de Jeneiro pada bulan Juni 2012 yang lalu. Nama itu diberikan karena pada tahun 1992, 20 tahun sebelumnya, anggota PBB pernah berkumpul di Rio de Jenairo membahas dan memutuskan hal yang sama dengan yang dilakukan pada tahun 2012. Inti dari hasil pertemuan pada tahun 1992 yang di tuangkan ke dalam 21 agenda, yaitu berkaitan dengan perkembangan ekonomi, kesetaraan sosial dan perlindungan terhadap lingkungan hidup.
 
Pertemuan tahun 2012 diberi nama Rio+20 dengan harapan semua negara anggota PBB diingatkan kembali dengan harapan-harapan yang pernah dibuat 20 tahun yang lalu, apakah selama itu telah melakukan hal-hal sesuai dengan cita-cita nya.
Rio+20 lebih fokus pada hal-hal:
1.   Pembangunan ekonomi yang mengedepankan pengentasan kemiskinan (a green economy in the context of sustainable development poverty eradication); dan
2.  Kerangka kelembagaan dalam melakukan pembangunan yang berkelanjutan (the institutional framework for sustainable development).
Tema Hari Maritim Sedunia IMO tahun 2013
Negara negara anggota IMO berkeyakinan bahwa apa yang telah dilakukan selama periode 1992 sampai dengan saat ini telah melampaui apa yang dikehendaki oleh PBB tersebut (Rio+20).
Berkaitan dengan deklarasi tema Hari Maritim Sedunia tersebut, dalam pidatonya, Sekjen IMO Mr. Sekimizu menyampaikan bahwa dia memiliki keyakinan apa yang telah dilakukan organisasi yang dipimpinnya (IMO), telah melebihi harapan dari pertemuan anggota PBB melalui Rio+20. Kemudian beliau juga menghimbau kepada semua negara anggota, semua industry maritime dan pemangku kepentingan untuk bersama-sama merealisasikan semua cita-cita yang diharapkan oleh Rio+20 agar menjadi kenyataan. Semua pihak yang terkait dengan industry maritime diminta untuk memberikan kontribusi yang positif untuk memajukan sector maritime…..Sebagaimana dikutip salah satu yang dikatakan Mr. Sekimizu yaitu:
“I am confident that, through this initiative, the theme chosen by the IMO Council for the 2013 World Maritime Day, – “Sustainable development: IMO’s contribution beyond Rio+20” – will be something in which IMO, the shipping industry and all other stakeholders, who are keen to turn the concept of sustainability into a tangible reality, will be able to join together, and make a very positive contribution,”
IMG_2685Sehubungan dengan itu, Sekjen IMO juga menyatakan telah membentuk satuan tugas khusus untuk merealisasikan agar pembangunan berkelanjutan di sektor maritim dapat sejalan dengan yang diharapkan, yaitu:
·      Budaya keselamatan dan kepedulian terhadap lingkungan;
·      Efisiensi energi;
·      Teknologi baru dan inovasi;
·      Pendidikan dan pelatihan maritim;
·      Keamanan maritim dan tindakan anti-pembajakan;
·      Manajemen lalu lintas maritim;
·      Pembangunan infrastruktur maritim, dan
·      Standar global di IMO.
“Menyadari bahwa transportasi laut begitu penting untuk perkembangan dan pertumbuhan masa depan ekonomi dunia, IMO harus terus memimpin dalam mendukung industri perkapalan dengan standar global yang tepat, dan membantu untuk mempromosikan apa yang diperlukan oleh semua negara maritim dalam membuat kebijakan-kebijakan dan kerangka kelembagaan di sektor transportasi laut, melalui kerjasama teknis”. Demikian kalimat penutup yang disampaikan oleh Mr. Sekimizu pada deklarasi Tema Hari Maritim Sedunia IMO tahun 2013.

Maret 16, 2013 - Posted by | hukum international

2 Komentar »

  1. Makasih bapak Capt. Hadi S atas sumbangan ilmunya dan di tunggu terus lanjutan lanjutan tulisannya, thanks

    Komentar oleh Ridwan Garcia | Maret 17, 2013 | Balas

  2. Tksh tulisan sy sdh di desiminasikan ke teman2 yg lain

    Komentar oleh capt. hadi suproyono | Maret 17, 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: