Info Kapal

Ridwan Garcia blog

Saudi Aramco

Sudah lama juga aku tak update di blog, kebetulan hari ini kapal  tak ada kegiatan dan kapal sdg sandar di west pier, Rastanura Saudi Aramco kebetulan sekali kita sudah selesai dgn semua kegiatan di atas kapal, hari ini aku hanya ingin masukan info kepada rekan rekan pelaut mengenai Saudi aramco, bagi kalian yg akan atau suatu hari nanti kapal kalian di charter atau anda akan kerja di saudi aramco hal hal yg harus di persiapkan untuk para perwira kapal khusus Captain, chief officer and Chief engineer harus mempersiapkan diri dgn sebaik baiknya untuk menghadapi test yg akan di lakukan test oleh aramco sebelum kapal anda di on hire,

karena  semua kapal kapal yg akan beroperasi disini akan di lakukan  inspection sesuai aramco standard dan itu adalah bagian  yg wajib di lakukan , bukan hanya kapal  saja yang harus siap dgn segala persyaratan yg di tentukan pihak Aramco tetapi juga para operator yaitu para nakhoda , mualim satu dan kepala kamar mesin akan mendapat juga  beberapa test yg akan di ujikan ke pada para pleaut yg akan berkerja di area aramco

pertama yaitu untuk kapalnya: semua kapal kapal akan di inspeksi sesuai standard of Saudi Aramco inspection mulai dari kapal mesin sampai ke deck department. kapal harus dalam kondisi yg baik. maksud baik di sini baik untuk semua alat alat perlengkapan mesin dari mesin induk, mesin bantu dan system alat alat pemadam  dan alat alat bantu lain harus dalam keadaan baik dan bekerja dgn baik. istilah no any deficiency on board that ship. everything should be prepare before ship arrive at Rastanura. sebab jika ada defect di atas kapal , Aramco tidak akan segan segan membantalkan on hire kapal.

Kedua yaitu perlengkapan alat alat navigasi harus bekerja baik sama seperti yg saya sebutkan di bagian mesin semua harus bekerja secara optimal. tak ada malfuction on bridge room all items must be satisfactory.

ketiga yaitu baik deck maupun mesin semua paper work harus di buat di laksanakan dan terisi sesuai dgn kegiatan harisn kapal dan tidak ada satupun kelalaian dalam pencatatan baik defect report, deck or engine activity, nearmiss, risk assesment, familiarization dan banyak lagi, yg hubunganya dgn maintenence di atas kapal. dan tak lupa catatan drill di atas kapal dan safety meeting harus tercatat rapi dan terususun sesuai dgn matrix.

keempat yaitu jika di bagian atas telah lewat dan kalaian anggap ok. satu lagi yg harus di perhatikan adalah alat alat kerja di atas deck harus lengkap. seperti alat alat towing harus lengkap dan di warnai sesuai aramco precedure, alat alat anchor handling pun sama harus lengkap dan ada di atas kapal.bagi kapal yg beroperasi dgn DP system alat alat back up harus bekerja baik apabila DP failure, dan untuk deck  perlengkapan sopep box harus ada dan sesuai dgn daftar sopep yg di wajibkan, dan satu lagi damage contol box isi dan daftar harus sama dan lengkap.

kelima yaitu jika nanti kapal telah tiba di saudi aramco, setelah immigration selesai maka para perwira wajib mengikuti marlin test. maslin test ini untuk menguji kemampuan para pelaut dalam berbahasa inggris yg baik dan benar , karena dalam peraturan saudi aramco yg tercantum dalam MIM 1200.003 section 7  it is the duty of port captain /port engineer to properly familiarize and instruct personnel with saudi aramco procedure and requirement pior to evaluation , fluency in english is a contractual requirement and will be strictly enfored. Saudi Aramco will only grant final approval for personnel after succesful practical evaluation, together with the presentation of original certificate, STCW endorsment personal ID, Valid medical certificate , proof of sea  time and communication skill. isi dari malin test ini didalam mengenai grammar, reading ,listening, writing and vocab, sebab kemampuan bahasa inggris di sini sangat di utamakan agar semua kandidat yg lulus benar benar mengerti perinta ,petunjuk yg di berikan Aramco, karena aramco adalah daerah kawasan minyak di lepas pantai yg sangat berbahaya sekali di bawa laut terdapat banyak sekali pipa pipa minyak dan gas, buletin atau circular yg akan di terbitkan oleh aramco para perwira dan nakhoda harus bisa membanca arahan yg benar dan tak ada kesalahan dalam menterjemahkan circular atau perinta kerja yg ada.

keenam yaitu jika Marlin test sudah selesai maka final test adalah pratical evaluation yg akan di test secara langsung oleh rig master isi dari test ini, adalah pekerjaan hari hari para pelaut, dari pengenalan sosok sosok benda dan lampu lampu navigasi, dan aturan aturan pencegahan tubrukan di laut harus di pahami dan di hapal dgn baik, dan bisa di jawab saat di tanya dalam bahasa inggris.

pengenalan tentang alat bantu navigasi seperti buoy, baik itu lateral, cardinal, specail buoy, atau safe water mark, dan isolate danger mark, ini harus di mengerti dari pencahayaan lampu berapa cerlang dan berapa detik waktu harus di pahami.

dan tak kala penting juga perhitungan mencari compass error harus bisa para perwira menggunakan table. dan juga cara menghitung squat dan cara menghitung tide table. tide table aramco sangat mudah dan mudah di pahami (tide table aramco berdasarkan LAT “lowest astonoical tide”

masi ada lagi yg harus di ketahui, cara menghitung set dan drift, kapal. tak lupa stabilitas dan memuat, pelajari nilai convensi perbandingan dari volume, berat, jarak dan lain

jika test practical telah di lewati, berarti anda sudah pass dan bisa kerja di saudi Araco. karena itu adalah final evaluation dari aramco.

semoga masukan yg aku tulis ini bermanfaat dan berguna bagi anda anda yg akan berkerja di saudi aramco. mati jodo dan erzky ada yg menentukan yaitu yg di atas. jgn perna takut. maju saja dan persiapkan diri saya yakin anda pun pasti bisa. memang banyak yg di pulangkan dan di tolak aramco. tapi satu kali lagi yg harus di ingat. manusia harus berusaha jika yg di atas menentukan iya, itulah rezky kita. salam pelaut

 

June 18 West pier at Saudi Aramco

Kingdom of Saudi Arabia

Ridwan Garcia

 

Juni 18, 2014 - Posted by | arsip lama

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: