Info Kapal

Ridwan Garcia blog

KECELAKAAN KAPAL KEMBALI TERJADI

bos 1Bicara kecelakaan kapal di laut, sudah sering terjadi baru baru ini kapal tanker pembawa minyak Iran, MT. Sanchi, saat dalam perlayaran mengalami tabrakan dengan kapal kargo di Laut Cina Selatan, Ahad, 7 Januari 2018. Dan terbakar hebat

“Akibat kecelakaan tersebut 32 awak kapal hilang,” kata pejabat Cina seperti dikutip Reuters.

Menurut pejabat Cina kepada awak media, kapal yang dioperasikan oleh perusahan minyak ternama di Iran itu memuntahkan hampir seluruh isi kapal ke Laut Cina Selatan. Api disusul asap tebal warna hitam tampak membumbung ke langit, bahkan melumat hampir seluruh badan kapal.

“Penyelamatan kapal terlambat karena kendala cuaca buruk sehingga api cepat menyambar seluruh badan kapal,  kapal Sachi yang dioperasikan oleh operator kapal minyak top Iran itu bertabrakan dengan CF Crystal di lepas pantai dekat Shangai dan di mulut Sungai Yangtze pada Sabtu petang, 6 Januari 2018, waktu setempat.

Kapal berbendera Panama dalam berlayar dari Iran menuju Korea Selatan dengan membawa 136 ribu ton kondesat atau minyak mentah ultra ringan. Minyak yang diangkut oleh tanker ini setara dengan satu juta barrel senilai US$ 60 juta atau sekitar Rp 800 miliar.

“Seluruh awak kapal tanker berkebangsaan Iran kecuali dua orang warga negara Bangladesh. Adapun 21 kru kapal CF Crysral seluruhnya berkebangsaan Cina. Mereka berhasil diselamatkan dan kapal tidak mengalami kerusakan berarti,”

Particular MT. SANCHI

  • MO: 9356608356137000
  • Call Sign: 3FJU8
  • Flag: Panama [PA]
  • AIS Vessel Type: Tanker
  • Gross Tonnage: 85462
  • Deadweight: 164154 t
  • Length Overall x Breadth Extreme: 274m × 50m
  • Year Built: 2008
  • Status: Decommissioned or Los

Kerusakan lingkungan  mungkin terjadi akibat kecelakaan ini karena Kondensat adalah gas dari minyak atau gas alam yang mengembun menjadi cairan saat diekstraksi. Dalam kasus ini, kondensat berasal dari minyak mentah.

Namun, secara umum, gas kondensat memiliki berat jenis berkisar 0,5-0,8 dan mungkin berisi:

  • Hydrogen sulfide (H2S)
  • mercaptan(RSH)
  • Karbon dioksida (CO2)
  • Alkana rantai lurus mulai dari C2-C12
  • Cycloheksana dan naphthenes
  • Senyawa Aromatik(benzene, toluene, xylenes, and ethylbenzene)

Atas ke jadian di atas kita dapat mengambil hikmahnya dan pelajaran yg baik, banyak sudah kecelakaan yg sudah tidak terhitung jumlah dan memakan korban. Ini semua bisa terjadi akibat kelalaian manusia , kesalahan prosedur, atau keadaan cuaca yg extrem. Atau bisa juga karena kelalaian management perusahan akibat adanya NC yg di abaikan dari laporan dari crew kapal.

bahaya-bahaya navigasi terutama tubrukan dengan kapal lain saat dalam pelayaran akan sering para pelaut mengalami. Jika kita kembali ke basic dan mengacu pada Colreg (collision of regulation) atau P2TL.Tanda-tanda dimana kapal berada dalam posisi yang memungkinkan akan terjadi tubrukan diantaranya:

  • Apabila kapal dilengkapi dengan peralatan ARPA, maka pada layar ARPA akan menampilkan data dari kapal yang berpotensi akan bertubrukan dengan kapal kita. Perhatikan besarnya nilai dari CPA (closest point of approaching). Butalah nilai CPA sebesar mungkin untuk menghindari tubrukan dengan cara merubah haluan, dsb. Perhatikan perubahan baringan dari kapal yang berpotensi bertubrukan dari kapal kita.
  • Apabila tidak ada perubahan baringan atau perubahan dari baringan tersebut terlalu kecil maka kemungkinan terjadi tubrukan semakin besar. Cara melakukan pengamatan baringan tersebut bisa menggunakan Radar ataupun dengan menggunakan kompas, baik itu gryo maupun magnetic.
  • Utamakan komunikasi dengan kapal yang kita anggap dalam situasi yang riskan dan dapat terjadi tubrukan. Selalu pantau pergerakan dan perubahan dari posisi kapal.
  • Apabila timbul keragu-raguan maka potensi untuk terjadinya tubrukan bisa terjadi. Laporkan kepada Nakhoda atau perwira lain maupun crew kapal yang cakap dalam mengatasi masalah tersebut.

Dan semua itu kembali dari kecapakapan seorang palut yg baik. Terima kasih salam pelaut.

Noted

Jika anda butuh jasa marine surveyor bisa menghubungi kami.

bos

 PT. Binaga Ocean Surveyor

Office Jakarta

Ruko CelebOffration Boulevard
Jl. Celebration Boulevard
Blok AA15 No 8, Grand Wisata
Bekasi 17510 – Jawa Barat, Indonesia
Telp : +62-21 8550 4106,
Fax : +62-21 8550 4082,
Mobile : +62 81297975641 / +62 81273115179

Website: www.binaga-ocean.com

 

JAKARTA 12 Feb, 21018

Capt. Ridwan

Iklan

Februari 12, 2018 - Posted by | Accident | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: