Info Kapal

Ridwan Garcia blog

Mooring Tandem Survey

Kegiatan survey bermacam macam tergantung permintaan dari Client.  macam  macam survey yang dapat dilakukan oleh seorang Marine surveyor antara lain meliputi kegiatan Mooring Tandem Survey.

Mooring tandem survey biasa dilakukan untuk kapal kapal offshore khususnya antara kapal FPSO/FSO dan kapal Offtaker tanker. kegiatan survey semacam ini hanya bisa dilakukan oleh konsultan Marine surveyor yang memang ahli di bidang ini. tidak semua Marine surveyor paham akan kegiatan ini. seseorang yang paham kegiatan semacam ini biasanya mereka ex/ Mantan Nakhoda di kapal kapal offshore. yang biasa melakukan STS, Static  tow, Mooring Tandem, Rig Move, Towing biasa mereka adalah para Mooring Master.

Dalam menghitung keamanan dari kegiatan Mooring tandem, dapat dilakukan survey secara analysis agar dapat memperkirakan keamanan olah gerak yang dilakukan kapal sesuai standard prosedur yang baik dan sesuai aturan yang berlaku.

Dengan jarak yang relatif pendek antara FPSO/FSO dengan kapal offtaker  dua kapal, yang sedang melakukan pembongkaran dengan cara tandem selalu dianggap sebagai operasi yang kompleks dan berbahaya. Dengan mempertimbangkan bahwa keadaan cuaca di lokasi tersebut dan semua ini harus memperhitungan dengan cermat dari pengamatan

  • kecepatan  angin 
  • gelombang dan
  • arus setempat
  • Pasang surut
  • Faktor lainya seperti bahaya navigasi
  • atau kepadatan lalu lintas tempat lokasi tandem
  • juga perbedaan draft dari kedua kapal tersebut

operasi ini perlu pertimbangan dengan cermat dan baik , Apalagi dalam situasi seperti ini sangat penting untuk memperhitungkan kemungkinan perubahan mendadak di suasana keadaan cuaca yang bisa saja datang secara tiba tiba.

Untuk mencapai keamanan dari kegiatan ini diperlukan Survey Mooring tandem survey dan Mooring tandem analysis approval. dan kegiatan survey ini hanya bisa dilakukan oleh para ahlinya.  sehingga tercapai prosedur yang yang tepat dan baik selama kegiatan Mooring and unmooring berlangsung.

Jika anda membutuhkan jasa Marine surveyor anda bisa menghubungi kami PT. BINAGA OCEAN SURVEYOR.  di jakarta. dengan alamat di bawah ini:

Office Jakarta

Ruko CelebOffration Boulevard Jl. Celebration Boulevard
Blok AA15 No 8, Grand Wisata, Bekasi 17510 – Jawa Barat, Indonesia
Telp : +62-21 8550 4106,Fax : +62-21 8550 4082,
Mobile : +62 81297975641 / +62 81273115179

Website: http://www.binaga-ocean.com 

Email : Jakarta@binaga-ocean.com

 

 

Iklan

Maret 16, 2018 - Posted by | arsip lama, Mooring and Towing | , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: